Username
Password
security image
YM Mufti Ali
YM Achmad Mufti
al-quran-on-line-smp-negeri-48-jakarta

Quran Surat Al Fatihah 1 : 2

2. Segala puji [2] bagi Allah, Tuhan semesta alam. [3] [2] Alhamdu (segala puji). Memuji orang adalah karena perbuatan- nya yang baik yang dikerjakannya dengan kemauan sendiri. Maka memuji Allah berrati: menyanjung-Nya karena perbuatanNya yang baik. Lain halnya dengan syukur yang berarti: mengakui keutamaan seseorang terhadap ni'mat yang diberikannya. Kita menghadapkan segala puji bagi Allah ialah karena Allah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji. [3] Rabb (Tuhan) berarti: Tuhan yang ditaati Yang Memiliki, Mendidik dan Memelihara. Lafadz ”rabb” tidak dapat dipakai selain untuk Tuhan, kecuali kalau ada sambungannya, seperti rabbul bait (tuan rumah). 'Alamiin (semesta alam): semua yang diciptakan Tuhan yang terdiri dari berbagai jenis dan macam, seperti: alam manusia,alam hewan, alam tumbuh-tumbuhan, benda-benda mati dan sebagainya. ALlah pencipta semua alam-alam itu.

Baca Surat » Al Fatihah »

www.m-edukasi.web.id blog guru
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
346593 Total Hits Halaman
100957 Total Pengunjung
175 Hits Hari Ini
64 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

TEKNOLOGI UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN

Diposting pada: 2016-12-14, oleh : ACHMAD MUFTI, Kategori: Pembangunan Sekolah

Jakarta, Kemendikbud --- Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan lokakarya bertemakan teknologi dan pendidikan, “From Silicon Valley to Indonesia: Teaching and Learning with Technology”. Lokakarya ini mengangkat tema tentang penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.

Lokakarya  “From Silicon Valley to Indonesia: Teaching and Learning with Technology” menghadirkan Rushton Hurley, instruktur terkemuka dari nextvista.org yang menjabarkan mengenai pendidikan dengan menggunakan teknologi. Hurley menjelaskan bagaimana sikap dan tindakan seorang pengajar dalam menghadapi kemunculan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

“Gunakan teknologi sebagai sarana dan bukan sebagai tujuan. Karena dalam belajar mengajar itu memerlukan perubahan, artinya bahwa selalu ada tempat untuk berkembang. Tidak hanya berubah karena tuntutan saja,” kata Hurley di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/8/2016). Materi yang disampaikan oleh Hurley selengkapnya dapat diakses di laman: tinyurl.com/indonesia16.

Lokakarya semacam ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Balitbang Kemendikbud dalam rangka menjalin hubungan baik dengan berbagai institusi pendidikan bertaraf global. “Acara semacam ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi mengenai pendidikan dari segi global, mencoba berbagi permasalahan yang dihadapi dan mencoba mencari solusinya bersama,” terang Nizam, pelaksana tugas Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud. 

Lokakarya “From Silicon Valley to Indonesia: Teaching and Learning with Technology” diselenggarakan bekerja sama dengan Foothill & De Anza Colleges California. Vinita Bali, Dekan International Students at Foothill-De Anza Colleges, menawarkan hubungan baik dengan pemerintah Indonesia dalam hal mengajar dengan menggunakan teknologi, seperti yang Foothill & De Anza Colleges lakukan selama ini.

Dalam lokakarya tersebut, Direktur Eksekutif KCI (Krause Center for Information), Gay Krause Executive Director  juga menyatakan hal sama dengan Vinita Bali. “Dengan senang hati KCI of Foot College akan berbagi praktik terbaiknya dengan guru Indonesia mengenai pengintegrasian teknologi untuk mengubah belajar mengajar yang fundamental,” katanya.

Lokakarya dihadiri oleh perwakilan dari beberapa perguruan tinggi, guru, dan pelajar dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Nenden, guru Bahasa Inggris di SMPN 3 Tangerang Selatan, menjadi salah satu peserta lokakarya. Ia mengatakan, dengan mengikuti lokakarya ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan motivasinya untuk mengajar lebih baik lagi. Dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris kepada peserta didiknya, ia juga telah memanfaatkan teknologi informasi, misalnya dengan menggunakan laptop dan infokus. Menurutnya, penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dapat mempermudah proses pembelajaran dan membuat siswa lebih fokus.

“Tapi memang harus ada persiapan. Misalnya mengunduh materi pembelajaran, seperti gambar, video, atau audio. Jadi guru harus bisa meluangkan waktu supaya tepat sasaran untuk peserta didik di tiap tingkatan. Misalnya untuk kelas 7 beda dengan kelas 8, “katanya.

Sumber : 
http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/08/gunakan-teknologi-untuk-mendukung-proses-pembelajaran


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id