SEJARAH

PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi informasi, dunia menjadi begitu sempit. Semua darimana, untuk siapa, dan seandainya setiap waktu, selalu dapat dilihat dan diketahui dengan mudah oleh banyak orang. Banyak perubahan yang terjadi yang sebelumnya belum dapat diperkirakan. Masa depan adalah masa yang menakutkan dan sulit diperkirakan jika kita tidak dapat mengendalikan, dan tidak bersiap diri .

Sebagai lembaga pendidikan SMP Negeri 48 dituntut untuk melakukan hal-hal, pokok-pokok yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam hal taat dan patuh pada tuntutan dan kewajiban harus menghasilkan keluaran yang memenuhi harapan banyak pihak, antara lain pemerintah, masyarakat, oran tua siswa, siswa, dan yang tak kalah pentingnya adalah para guru dan karyawan.

Untuk itu maka SMP Negeri 48 menyusun Buku Profil ini, sesuai dengan sifat masa depan yang tak dapat di prediksi dengan tepat, berubah-ubah penuh ketidak pastian, maka buku profil ini hanya menjadi semacam gambaran yang ada, atau keinginan, harapan yang akan diproyeksikan dalam kata dan angka. Akan lebih terinci nanti dalam buku profil ini dan program tahunan yang terakhir.

 

SEJARAH SINGKAT

SMP Negeri 48, Jakarta bermula dari SMPN 19 paralel yang pada tahun 1965 berlokasi di “Balai Bintang” jalan Ciputat Raya Kebayoran Lama dan Rawa Kemiri Kebayoran Lama.

Pada tahun 1966 SMP 48 Jakarta, menempati gedung sekolah baru di jalan Raya Kebayoran Lama No.42 Jakarta Selatan, bersama SMA 6 Filial sampai dengan tahun 1969.

Pada tahun 1970 SMA 6 Filial berdiri sendiri menjadi SMA 29 yang beralamat di jalan Kramat Kebayoran Lama sampai saat ini.
Sejak tahun 1966, sampai sekarang SMPN 48 Jakarta adalah Asset Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Pada tahun pelajaran 1999/2000 Gedung SMPN 48 di Rehabilitasi Total menjadi Gedung yang megah berlantai III dengan letak yang strategis.